Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Politeknik Negeri Manado
Perpanjangan Batas Waktu Unggah Proposal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat sampai tanggal 18 Maret 2019 dan Hard Copy 19 maret 2019

Pengumuman

Dokumen penelitian dan pengabdian pada masyarakat Politeknik Negeri Manado
Pengumuman
Tidak Memiliki Nomor Surat
12 Apr 2018

736 tahun yang lalu


Tidak Memiliki Nomor Surat
12 Apr 2018

901 tahun yang lalu


45
27 Feb 2018
PERPANJANGAN BATAS WAKTU PEMASUKAN PROPOSAL P3M 2018

setahun yang lalu


Tidak Memiliki Nomor Surat
19 Sep 2017
Pelaksanaan Monev Internal Penelitian Internal Tahun 2017 pada hari Rabu, 20 September 2017

2 tahun yang lalu


Tidak Memiliki Nomor Surat
19 Sep 2017
Pelaksanaan Monev Internal Penelitian Internal Tahun 2017 pada hari Rabu, 20 September 2017

2 tahun yang lalu


Daftar Penelitian
PEMBUATAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENILAIAN BEASISWA BIDIK MISI DI POLITEKNIK NEGERI MANADO DENGAN METODE AHP (ANALITIC HIERARCHY PROCESS)
Beasiswa bidik misi adalah beasiswa yang ditujukan kepada siswa- siswa berprestasi untuk kuliah di perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Untuk penilaian beasiswa ini masih banyak yang menggunakan sistem manual. Hal ini tentunya akan berdampak pada hasil penilaian yang tidak transparan, adil dan objektif. Adanya sistem aplikasi pendukung keputusan untuk beasiswa bidik misi sangat diperlukan untuk memperoleh hasil penilaian yang jujur, adil, transparan dan obyektif. Oleh sebab itu maka pada penelitian ini akan dibuat suatu sistem pendukung keputusan berbasis komputer untuk penilaian beasiswa bidik misi di Politeknik Negeri Manado. Penelitian ini bertujuan membuat suatu aplikasi berbasis komputer yang dapat menyimpan dan menghitung nilai pelamar beasiswa sehingga hasil seleksi berupa perangkingan dari nilai tertinggi sampai terendah. Ditambah dengan kriteria dan bobot penilaian dapat disesuaikan dengan aturan- aturan penilaian beasiswa bidik misi, sehingga aplikasi ini menjadi fleksibel dan mudah digunakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode AHP (Analitic Hirarchy Process) dan diimplementasikan dalam bahasa pemrograman komputer. Penelitian ini dilakukan melalui tahapan-tahapan sebagai berikut: tahapan perancangan sistem yang mencakup perangkat lunak, tahapan pembuatan sistem yang mencakup pembuatan perangkat lunak, tahapan pengujian aplikasi yang mencakup pengujian perangkat lunak serta pengujian sistem.

3 bulan yang lalu

PEMANFAATAN GPS (GLOBAL POSITIONING SYSTEM) PADA SISTEM MONITORING PERAWATAN KENDARAAN RODA EMPAT DENGAN KONSEP IoT
Pegawai pada masa kini memfasilitasi aktualisasi dan pengembangan kompetensi para pegawai melalui program-program pengembangan dan pemberdayaan yang dilakukan secara sistematik. Pengembangan dan pemberdayaan pegawai merupakan bagian dari manajemen sumber daya manusia yang memiliki fungsi untuk memperbaiki kompetensi, adaptabilitas dan komitmen para pegawai. Dengan cara demikian organisasi memiliki kekuatan bukan saja sekedar bertahan (survival), melainkan tumbuh (growth), produktif (productive), dan kompetitif (competitive). Dan dalam proses demikian, dukungan pegawai yang kuat melahirkan organisasi yang memiliki adaptabilitas dan kapasitas memperbaharui dirinya (adaptability and self-renewal capacity). Dalam era globalisasi saat ini penggunaan aplikasi dasar komputer seperti Word, dan Excel dalam dunia pendidikan bukan sesuatu yang baru, tapi ada sebagian daerah atau wilayah di Sulawesi Utara, komputer masih dianggap sebagai sesuatu peralatan yang belum dapat dimengerti dan dikuasai penggunaannya. Sangat disayangkan di lembaga pendidikan khususnya sekolah dasar GMIM 2 Rumoong Lansot berdasarkan survei yang dilakukan pada bulan Januari 2019 tidak memiliki fasilitas komputer dan tenaga pendidik yang kurang memiliki pengetahuan tentang Informasi Teknologi (IT). Pelayanan pendidikan akan maju apabila ditunjang dengan sumber daya manusia dan fasilitas yang memadai. Bukan hanya di level pendidikan tinggi komputer sangat dibutuhkan, tapi di level pendidikan dasar pun komputer sudah sangat dibutuhkan. Komputer juga sangat berguna untuk pengelolaan administrasi, baik pelaporan aktifitas pembelajaran, dan pelaporan hasil evaluasi peserta didik. Tapi saat ini penguasaan peralatan komputer oleh tenaga pendidik di Sekolah Dasar GMIM 2 Rumoong Lansot yang berkedudukan di Desa Lansot Kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Selatan masih kurang. Tujuan khusus program kerjasama yang ingin dicapai melalui kegiatan PKM ini adalah (1) Peningkatan sumber daya manusia; (2) Tertatanya sistem administrasi yang baik sehingga tenaga pendidik lebih profesional dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan, (3) Terciptanya kerjasama yang baik antara Politeknik Negeri Manado sebagai perguruan tinggi vokasi dengan lembaga pendidikan lainnya seperti Sekolah Dasar. Untuk mencapai tujuan tersebut diatas, maka melalui indikator luaran yang ditargetkan adalah : (1) Satu unit perlengkapan komputer dan printer; (2) Jasa Pelatihan Komputer Tingkat Dasar (Word, dan Excel) (3) Jasa Pelatihan Pengelolaan Administrasi dengan menggunakan aplikasi komputer; dan (4) Publikasi pada media massa on-line lokal. Sangat diharapkan indikator luaran ini dapat tercapai dan berhasil sehingga layanan pendidikan yang berlangsung di kelompok PKM dapat ditingkatkan, dan terus berkelanjutan sehingga layanan dunia pendidikan semakin maju.

3 bulan yang lalu

SISTEM PENDETEKSI DAN PENGINFORMASI POTENSI TERJADINYA BANJIR BERBASIS IoT
Salah satu dampak yang diakibatkan oleh pemanasan global adalah perubahan iklim yang tak menentu. Perubahan iklim yang tak menentu ini berdampak pada siklus musim kemarau dan musim hujan. Saat ini siklus musim hujan lebih panjang dari pada siklus musim panas. Intensitas curah hujan yang banyak akan berdampak pada kejenuhan tanah dalam menyerap air, sehingga air hujan akan lebih cepat menuju ke bagian-bagian permukaan tanah yang lebih rendah, sehingga dapat mengakibatkan bencana banjir. Penelitian ini bertujuan membuat suatu sistem yang dapat mendeteksi potensi terjadinya banjir berbasis IoT, dengan memanfaatkan sensor hujan sebagai media pendeteksi terjadinya hujan dan sensor ultrasonic sebagai media pendeteksi ketinggian permukaan air sebagai penginformasi potensi terjadinya banjir. Data dari kedua sensor tersebut akan diolah oleh mikrokontroler, selanjutnya dikirimkan ke web server melalui komunikasi wifi. Informasi potensi terjadinya banjir dapat dipantau melalui smartphone android. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode perancangan dan pembuatan (prototyping), di mana untuk menghasilkan sebuah prototype sistem pendeteksi dan penginformasi terjadinya banjir berbasis IoT ini dilakukan melalui tahapan-tahapan sebagai berikut: tahapan perancangan sistem yang mencakup perangkat keras dan perangkat lunak, tahapan pembuatan sistem yang mencakup pembuatan perangkat keras dan perangkat lunak, tahapan pengujian sistem yang mencakup pengujian perangkat keras, perangkat lunak serta pengujian sistem yang terintegrasi.

3 bulan yang lalu

Data Kosong
Penelitian belum tersedia

21-06-19 02:43 AM

Data Kosong
Penelitian belum tersedia

21-06-19 02:43 AM

Daftar Pengabdian
Data Kosong
Penelitian belum tersedia

21-06-19 02:43 AM

Data Kosong
Penelitian belum tersedia

21-06-19 02:43 AM

Data Kosong
Penelitian belum tersedia

21-06-19 02:43 AM

Data Kosong
Penelitian belum tersedia

21-06-19 02:43 AM

Data Kosong
Penelitian belum tersedia

21-06-19 02:43 AM

165
Penelitian
Penelitian yang di usulkan oleh Politeknik Negeri Manado.
55
Pengabdian
Pengabdian yang di usulkan oleh Politeknik Negeri Manado.
346
Pengguna
Pengguna Terdaftar sebagai pengusul penelitian dan pengabdian.

Gallery

Dokumentasi kegiatan penelitian.
Kegiatan Penelitian Dosen Jurusan Akutansi
Kegiatan Penelitian
Seminar IRWNS Bandung 2016
Seminar IRWNS Bandung 2016
Monev Kegiatan Pengabdian Hibah DIKTI 2017
Hasil Penelitian